Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia)

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia)

pengembangan SDM

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) diperlukan agar setiap karyawan tidak terjebak rutinitas dan dapat berkontribusi aktif memajukan perusahaan di era yang cepat berubah ini. Zona nyaman bisa berarti banyak hal, termasuk keadaan di mana karyawan terbiasa dengan rutinitas dan ilmu yang dia miliki untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yang itu-itu saja.

Definisi dari Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia)

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) adalah suatu rangkaian kegiatan organisasi atau institusi yang dilaksanakan dalam interval waktu tertentu dan di desain untuk melahirkan perubahan sikap mental dan keahlian karyawan sehingga mereka mampu menyelesaikan penugasan yang berhubungan dengan peran dan tanggungjawabnya di masa depan. Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) juga adalah salah satu cara dalam menghadapi tantangan yang berkaitan dengan dinamika persoalan sumber daya manusia seperti : turn over karyawan, karyawan yang kompetensinya terbatas, diversifikasi tenaga kerja, dsb.

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) Menurut Para Ahli

Menurut Leonard Nadler, Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) adalah sebuah rangkaian aktivitas perusahaan yang dilakukan dalam waktu tertentu dan dirancang untuk melahirkan perubahan sikap karyawan.

Sementara itu, menurut Prof. T.V. Rao, Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) adalah proses di mana karyawan dalam sebuah perusahaan dibantu secara terencana untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran mereka di masa depan.

Menurutnya, Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) juga merupakan proses pengembangan kemampuan karyawan sebagai seorang individu dan menemukan serta memanfaatkan potensi yang ada.

Change your thoughts and you change your world.” – Norman Vincent Peale

Perubahan adalah satu-satunya hal yang pasti di dunia ini, termasuk dalam bisnis. Tidak semua “cara lama” kini dapat dipakai. Lihat saja bagaimana kebiasaan konsumen berubah dari yang kebanyakan orang lebih suka membeli langsung ke toko menjadi lebih nyaman membeli sesuatu secara online.

Untuk dapat mengantisipasi perubahan, MDI (Management Development International) menyadari perlunya Program Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terus dinamis sesuai dengan keadaan terkini. Bagi MDI, Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) bukan hanya membantu karyawan menyadari perubahan di sekelilingnya, namun juga mendorong karyawan untuk berkontribusi memberikan inovasi pada perusahaan dalam menghadapi perubahan.

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) juga sangat penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan organisasi. Perusahaan yang tidak menjalankan Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) tidak akan mampu bersaing secara lokal, apalagi global. Era globalisasi sekarang ini membutuhkan Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk tetap kompetitif. Pikirkan juga dengan menginvestasikan usaha Anda dengan karyawan Anda dengan melaksanakan Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia).

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) juga bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas karyawan Anda. Itu akan mengurangi biaya dari turnover dan recruitment.


Komentar

Postingan Populer